Detail Berita
- 2025-02-04 14:01:57
- By Biro Humas
Prof Zudan Ketum Korpri: ASN sebagai Brand Ambassador Pemerintah
Humas DPKN - Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN), Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, menegaskan bahwa branding positif adalah kunci utama dalam membangun citra profesional, berdedikasi, dan berintegritas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Pernyataan ini disampaikan dalam Webinar Korpri Menyapa ASN Seri ke-98 bertema "Membangun Branding Positif Kinerja ASN" yang disiarkan secara daring melalui YouTube Channel DPKN (Jakarta, 4/2/2025)
Dalam paparannya, Zudan menyoroti tiga aspek utama dalam membangun branding ASN, yakni branding institusi, branding produk, dan personal branding. “ASN harus berperan sebagai brand ambassador di unit kerja masing-masing. Mereka harus aktif dalam membangun citra positif pemerintah serta memanfaatkan media sosial untuk memperkuat akuntabilitas publik,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Zudan menggarisbawahi bahwa ASN harus menjaga etika dalam berperilaku, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Ia menekankan pentingnya menyebarkan informasi yang benar, menghindari hoaks, serta membagikan konten edukatif sesuai dengan tugas dan fungsi mereka. “Misalnya, ASN di bidang kesehatan dapat membagikan informasi mengenai program kesehatan pemerintah agar masyarakat lebih memahami manfaat kebijakan yang diterapkan,” tambahnya.
Sebagai langkah konkret, Zudan mengajak ASN untuk menginternalisasi core values BerAKHLAK yang mencakup nilai-nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Selain itu, ia juga menyoroti konsep Employer Branding ASN: Bangga Melayani Bangsa, yang bertujuan meningkatkan motivasi serta kebanggaan ASN dalam melayani masyarakat. “Dengan branding yang kuat, kepercayaan publik terhadap ASN akan semakin meningkat,” pungkasnya.
Sesi webinar ini menghadirkan narasumber yang kompeten pada bidang branding dan komunikasi yaitu, Akhmad Fauzin Kepala Biro Humas Kementerian Agama yang memaparkan materi strategi branding yang diterapkan di Kementerian Agama serta pakar bisnis dan pemasaran Yuswohadi yang memaparkan materi Fokus pada Solusi: Kunci Branding Institusi.
Webinar yang dimoderatori oleh Wandes Gumamven, S.Tr. Inst, Duta KORPRI dari BMKG ini diikuti oleh lebih dari 1.000 partisipan melalui Zoom dan telah ditonton lebih dari 12.713 kali di YouTube hingga berita ini ditulis. Dengan meningkatnya kesadaran ASN terhadap branding positif, diharapkan pelayanan publik semakin baik dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat.
Share:
Biro Humas
Korps Pegawai Republik Indonesia sebagai satu-satunya wadah bagi Pegawai Republik Indonesia selalu berupaya terus menerus dalam menumbuhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas, dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara.